fbpx

Mengapa harus disandblast

Mengapa harus disandblast

Mau Ngecat Dengan Hasil Yang Sempurna, Harus di Sandblast 

Hampir semua kendaraan bermotor pasti memiliki bahan dengan material logam. Dan kalau bicara soal logam tentunya harus siap dengan yang namanya karat alias korosi. Tak berlebihan jika karat disebut sebagai musuh besar logam. Namun sekarang ada teknik sandblasting yang dianggap sebagai cara paling efektif membasmi karat pada material besi. 

Secara sederhana, sandblasting adalah proses pembersihan permukaan dengan menyemprotkan partikel (biasanya pasir silika atau steel grit) menggunakan tekanan tinggi. Karena daya semprotan itu, maka permukaan material bisa bersih dari karat, cat, garam hingga oli. Tetapi dalam perkembangannya, teknik ini mempengaruhi sebuah permukaan metal atau besi menjadi lebih kasar sehingga nantinya akan bisa melekat dengan sempurna kepada cat.

Tak heran kalau saat ini proses sandblasting digunakan banyak penyedia jasa cat material kendaraan untuk memperoleh hasil akhir pengecatan yang lebih sempurna. Karena menggunakan partikel pasir, tingkat kekasaran permukaan bisa disesuaikan dengan mengatur tekanan alat semprot yang dikehendaki.  Sekedar informasi untuk anda, proses pengecatan pada logam akan berhasil atau tidak memang tergantung dari tingkat kebersihan dan perekatan cat terhadap materi yang digunakan. 

Jenis Sandblasting

Meskipun saat ini banyak dipakai dalam industri pengecatan, sandblasting sebetulnya adalah teknologi yang awam digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di bidang minyak dan gas. Tak cuma kedua bidang raksasa itu saja, teknik ini juga lazim dipakai dalam level industri hingga fabrikasi karena memang bertujuan membersihkan lapisan yang menutupi material berbahan dasar metal dan besi. Proses kerjanya pun sama seperti saat digunakan di industri pengecatan, di mana sebuah kompresor bertekanan tinggi menyemprotkan butiran pasir khusus ke sebuah obyek.

Pada dasarnya ada dua jenis sandblasting yang dikenal di masyarakat. Kedua jenis ini dibedakan berdasarkan obyek benda yang hendak disemprot apakah mudah terbakar atau tidak. Supaya anda lebih paham, berikut ini ulasan singkatnya:

  1. Dry Sandblasting

Seperti namanya yang ‘kering’, jenis ini memang disemprotkan ke benda-benda dengan bahan metal atau besi yang tidak mudah terbakar. Biasanya pada kerangka mobil, bodi mobil, kerangka besi kapal laut hingga tiang-tiang penyangga pabrik berukuran raksasa yang dibuat dari besi mudah karat. Kebanyakan penyedia jasa powder coating menggunakan jenis yang ini. 

  1. Wet Sandblasting

Berbanding terbalik dengan jenis sebelumnya, tipe penyemprotan ini biasanya digunakan pada bahan-bahan metal atau besi yang memiliki risiko tinggi terbakar atau berada di kawasan rawan api. Contohnya seperti tangki bahan bakar, kilang minyak (offshore) hingga pom bensin. Apa bedanya tipe kering dan basah? Terletak pada pasir silika yang digunakan. Untuk jenis basah, pasir silika dicampur dengan bahan kimia khusus anti karat sehingga bisa mengurangi risiko percikan api saat sandblasting dilakukan.

Meskipun memiliki dua jenis tergantung obyek semprot, pada dasarnya kedua jenis ini sama-sama menggunakan peralatan yang sama. Anda akan tetap menemukan yang namanya kompresor, tabung penyaring udara alias Airblast Breathing Air Filters, tabung penampung pasir atau blast pot, penggunaan selang lalu nosel dan helm khusus. Jelas seorang pekerja yang berpengalaman berhak menjadi operator sandblasting karena membutuhkan kecakapan dan kemampuan khusus.

Sandblasting Pada Powder Coating

Meskipun memang memiliki tujuan utama sebagai metode membersihkan permukaan material dari karat hingga oli, proses penyemprotan ini justru jadi salah satu metode penting dalam pengecatan di jasa powder coating. Kemampuan semprot pasir silika bertekanan tinggi ini bisa membuat sebuah permukaan material logam jadi kasar atau halus sehingga mempermudah proses powder coating.

Biasanya proses sandblasting akan dilakukan sebelum tahap pelapisan alias pengecatan sebuah logam dengan powder coating.  Nantinya materi yang sudah disemprot pasir ini akan memliki daya rekat kepada cat jauh lebih maksimal karena permukaan yang sudah bersih. Untuk mendapatkan hasil cat yang sempurna, ada banyak hal yang mempengaruhi. Salah satunya adalah ukuran butiran pasir yang digunakan. Semakin kecil ukuran pasir silika, maka permukaan yang dihasilkan bakal makin halus.

Penyedia jasa powder coating juga harus memperhatikan sudut penyemprotan. Di mana jika sudut yang tercipta antara alat dengan obyek mencapai 90 derajat, diyakini bakal menghasilkan daya tumbukan paling besar. Masalah tekanan penyemprotan juga akan mempengaruhi daya abrasifnya karena makin besar tekanan yang dipakai, daya yang dihasilkan makin kuat pula. Melengkapi sudut dan tekanan alat, ada juga jarak penyemprotan yang harus diperhitungkan sesuai dengan keinginan permukaan halus atau kasar.

Faktor lain yang juga turut mempengaruhi hasil sandblasting adalah durasi waktu penyemprotan. Penyedia jasa yang profesional jelas akan mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan waktu relatif singkat di kisaran 40-80 detik per luasan penyemprotan. Karena jika tahapan ini dilakukan terlalu lama, maka permukaan material logam justru akan semakin kasar sehingga berdampak kurang baik pada hasil powder coating nanti.

Proses Sandblasting di Jasa Powder Coating

Untuk menentukan sebuah penyedia jasa powder coating layak dipertimbangkan adalah pada sikap kerja mereka dalam tahapan penyemprotan pasir silika ini. Selain memperhitungkan berbagai faktor yang sudah diulas sebelumnya, kesempurnaan hasil juga bisa terlihat di tahapan proses penyemprotan pasir silika itu sendiri. Seorang operator semprot yang bertanggung jawab tentu akan membersihkan material obyek terlebih dulu dengan cara manual seperti kertas amplas hingga cairan penghilang kotoran.

Baru setelah itu alat sandblasting akan dipersiapkan seperti kompresor, bak pasir, selang, nozel dan obyek semprotnya. Sebagai bahan utama, pasir silika yang dimasukkan harus dalam keadaan benar-benar kering dengan total isian sebanyak 80 persen dari total volume bak pasir yang ada. Kenapa begitu? Supaya tidak ada pasir yang terbuang percuma. Dan saat pasir silika tersisa 40 persen, maka bak pasir harus diisi kembali. Untuk mempermudah keluar masuknya pasir silika, ada ketup bak pasir yang harus dibuka saat sebelum dan sesudah diberi tekanan udara.

Pasir silika yang siap disemprotkan akan mengalir lewat selang dan keluar di ujung nozel. Biasanya ukuran panjang selang turut memberikan pengaruh pada tekanan karena semakin pendek selang kompresor yang dipakai, tekanan yang dihasilkan saat sandblasting sudah pasti makin besar. Jika proses ini berjalan sesuai dengan rencana, maka permukaan obyek metal atau besi bakal langsung mengikis sehingga memunculkan tekstur kasar yang memberikan pengaruh saat tahapan pngecatan

Karena memiliki peran yang sangat penting dalam proses pengecatan, ada baiknya jika anda memilih penyedia jasa powder coating yang benar-benar terpercaya. Memahami jenis penyemprotan, memiliki tanggung jawab dan pengalaman yang mumpuni supaya bisa memberikan hasil maksimal. Hal-hal demikian itulah yang memang jadi prinsip dasar kami. Sehingga jika anda memang berminat, tidak ada salahnya untuk menghubungi kami. Karena meskipun kami adalah perusahaan yang baru berkembang,  kami memiliki komitmen tinggi dalam melayani seluruh konsumen baik skala kecil atau besar.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di 08-164-164-65

 

 

 

 

admin

WhatsApp chat